Rizman Ahdi Nugraha Bersiap ke Luar Angkasa

Rizman saat berada di USA (Dok FB Rizman)
Rizman saat berada di USA (Dok FB Rizman)

Rizman Ahdi Nugraha Bersiap ke Luar Angkasa

*Orang Indonesia Pertama, Asal Belitong

KALAU tidak ada aral merintang, orang pertama dari Indonesia yang akan ke berwisata ke luar angkasa, Rizman Ahdi Nugraha (26) akan berangkat sekitar awal tahun 2016 mendatang. Pria asal Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ini merupakan pemenang kompetisi yang digelar Axe beberapa waktu lalu.

Kebetulan saya dengan embel-embel jurnalis sebagai profesi dibantu seorang temen di Belitung, Suryadandaru yang juga teman satu SMA Rizman berkesempatan berbicang lewat chating whatapps Jumat (26/5/2015). Rizman menuturkan, ia sekarang sedang bersiap menuju luar angkasa dalam hitungan beberapa bulan kedepan.

Pria asal Pulau Belitong atau dikenal dengan negeri Laskar Pelangi ini menyatakan keberangkatanya bisa saja akhir tahun ini atau bulan Desember 2015. “Untuk perkiraan (keberangkatan) seharusnya di bulan Desember ini atau paling telat Januari 2016. Tapi itu masih belum pasti karena harus menunggu info dari pihak sana. Ada kabar juga bahwa penerbangan bisa diundur dari waktu itu. Jadi kemungkinan yang dapat aku simpulkan, bisa jadi penerbangannya terjadi di tahun 2016,” ungkap Rizman kepada Babel Pos saat dihubungi via chatting whatsApp.

Sambil menanti jadwal pasti keberangkatan, Rizman saat ini melakukan fokus latihan fisik. Sebab, ia memprediksi dibutuhkan kebugaran fisik untuk perjalanan meninggalkan planet bumi tersebut. Olahraga rutin menjadi persiapan yang dilakukan Rizman saat ini menjelang keberangkatannya.

“Kalau sekarang aku lebih ke latihan fisik sih. Soalnya butuh fisik yang prima, jadi olahraga aja biar badan tetap fit,” kata Rizman.

Rizman yang beberapa kali ke Amerika Serikat untuk melakukan sejumlah rangkaian latihan keberangkatan nantinya akan menumpang sebuah pesawat ulang alik bersama seorang pilot. Nantinya penerbangan akan ditempuh dengan waktu sekitar 45-60 menit. Ia akan selama 6 menit berada di luar angkasa.

“Untuk waktu terbangnya termasuk cepat. Bolak balik itu butuh waktu 45-60 menit, cukup cepat kan,” ujar anak sulung dari 7 bersaudara ini.

Terpilihnya Rizman yang kini telah beristri dengan anak satu ini melewati rangkaian tes panjang. Mulai dari harus menyisihkan lebih dari puluhan ribu peserta se Indonesia hingga keluar sebagai 3 orang finalis dari Indonesia untuk bersaing dengan peserta dari negara lain. Raihan besar ini menjadi kebanggan tersendiri untuknya.

“Tentu ini hal yang sangat membanggakan. Dan aku sebagai putra daerah dari Belitung ingin meningkatkan citra anak daerah, bahwa anak daerah juga mampu membuat prestasi yang bisa dibanggakan,” sebutnya.

Walau akan menorehkan sejarah bagi bangsa Indonesia sebentar lagi, namun saat ini Rizman juga mengaku tidak ada acara khusus yang digelar baik olehnya maupun keluarga besar. Rizman hanya berkeinginan membuat semacam acara syukuran untuk keberangkatannya menembus luar angkasa tersebut.

“Saat ini belum ada, mungkin nanti Insya Allah sebelum berangkat ingin mengadakan syukuran,” tukasnya.

Pria yang juga bekerja sebagai programmer pada salah satu perusahaan di Jakarta ini sayangnya belum mendapat respon dari pejabat di lingkungan Kabupaten Belitung maupun Babel. Padahal secara nasional Rizman telah mendapat apresiasi luar biasa dari berbagai pihak.

“Dari pemerintah belum ada yang merespon. Mungkin saja mereka mengharapkan untuk aku yang langsung menghadap ke mereka, memberitahukan berita ini,” ujar Rizman.

Saat ditanya, apa yang akan dilakukan ketika berada di luar angkasa. Rizman berkeinginan mengabadikan momen istimewa tersebut dengan foto-foto atau video. Tak lupa Firman menitipkan pesan pada generasi muda Bangka Belitung agar terus meraih mimpi yang dicita-citakan.

“Untuk generasi muda, kejarlah mimpimu dan berusahalah untuk menggapainya, syukur jika bisa dilakukan selagi masih muda.

*Ortu Sempat Khawatirkan Rizman Ditipu
Beberapa waktu lalu, saya juga sempat menyambangi kediaman orang tua Rizman di Tanjungpandan, Kabupaten Belitung. Orangtua Rizman pada awalnya sempat mengingatkan Rizman agar waspada dengan apa yang ia ikuti sebagai calon astronot pertama Indonesia karena dikhawatirkan adalah program penipuan.

Namun setelah mendapatkan kepastian dari fakta-fakta yang ada termasuk konfirmasi ke Departemen Luar Negeri (Deplu) RI barulah orang tuanya semakin tambah percaya sekaligus bangga kalau anaknya sebagai orang Pulau Belitong, sekaligus orang Indonesia yang pertama kali akan ke luar angkasa.

Kedua orangtua Rizman, Usman Hasan (61) dan Rismayani (47) menceritakan banyak hal tentang Rizman sejak kecil hingga dewasa. Ibunda Rizman, mengungkapkan, tidak menyangka anaknya tersebut mendapatkan tiket tersebut sebab saingannya tidak sedikit.

“Kita gak tau Rizman mengikuti itu, kita ditelepon ketika dia sudah lolos tes di Indonesia dan termasuk diantara 3 orang yang akan mewakili untuk tes selanjutnya. Waktu dia hubungi, ibu sama bapak lagi menunaikan ibadah haji, kita sempat bilang kamu tes apa, nanti kamu ditipu,” ungkap Rismayani saat ditemui di kediamannya Jalan Hasyim Idris, Kelurahan Pangkallalang, Kecamatan Tanjungpandan.

Namun Rizman menyakini apa yang ia ikuti adalah resmi, bahkan Rizman mengatakan 3 orang wakil Indonesia akan segera berangkat ke Amerika Serikat untuk tes bersama finalis dari negara-negara lainnya di dunia. Titik terang Rizman sebagai pemenang tiket wisata luar angkasa tersebut baru dipastikan orang tuanya ketika Rizman mendapat jawaban dari Deplu RI tentang resminya kegiatan tersebut sekaligus pembuatan paspor dan visa untuk ia berangkat ke Amerika tanggal 1 Desember 2013 lalu.

“Karena waktu itu kita masih di Mekkah untuk ibadah haji, kita juga tidak terlalu memikirkan. Dia hanya minta didoakan agar lulus tes selanjutnya, kita juga doakan siapa tahu di tempat seperti Mekkah doa terkabulkan. Alhamdulillah rupanya pas tes di Amerika dia lulus dan Insya Allah berangkat tahun 2015 mendatang,” cerita Rismayani waktu itu.

Sejak kepastian itu komunikasi orang tua dengan anak ini semakin intens untuk bertanya keadaan dan persiapan Rizman dalam perjalanan wisata tidak biasa ini. Rizman yang akan menorehkan sejarah bagi Belitong, Babel bahkan Indonesia ini sebelumnya dikenal aktif mengikuti event serupa bahkan terkenal sangat sering membuat kejutan.

Rizman menurut sang ibunda termasuk menonjol dengan prestasinya sejak duduk di bangku SD hingga kuliah.
Terkenal memiliki hobi bermain musik sebagai vokalis sekaligus gitaris, di dalam keluarga Rizman juga sangat disiplin dalam hal waktu. Ibundanya tidak menyangka kalau Rizman punya kemampuan untuk mengikuti tes tersebut apalagi tes yang memacu adrenalin tersebut sempat harus terbang dengan pesawat tempur dan bermanuver sehingga membutuhkan nyali besar.

“Padahal dia umur 4-5 tahun dulu asal nonton film yang serem saja gemetaran kakinya, tutup muka, jadi penakut sekali. Tetapi pas tes naik pesawat yang sudah dimodif dan melayang pada ketinggian dia bilang malah enjoy, gak ada beban dan tertawa aja. Adiknya yang di AKABRI AU juga gak berani begitu, tapi dia sekarang bisa berani sangat beda ketika dulu masih kecil yang penakut sekali,” tukas Rismayani yang sehari-hari tercatat sebagai PNS di Pemkab Belitung.

Sosok anak sulungnya itu jauh lebih bertanggungjawab sekarang yang kerap memberi nasehat-nasehat bijaksana kepada adik-adiknya. Selain menjadi kebanggaan orang tua dan adik-adiknya, kini kedua orang tua Rizman memotivasi adik-adiknya untuk bisa berprestasi lebih baik membanggakan diri sendiri, keluarga, daerah maupun negara.

Lalu siapa yang berperan untuk bahasa inggris Rizman yang baik. Untuk kemampuan ini, sosok bapak Rizman yang memiliki andil. Menurut Usman Hasan yang merupakan pensiunan PNS Dinas Perhubungan terakhir dinas di Bandara H.AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, semua anak-anaknya dibiasakan berkomunikasi bahasa Inggris selain bahasa Belitong maupun bahasa Indonesia.

“Kita biasakan berbicara bahasa inggris karena kita pikir itu harus dikuasai. Saya sebenarnya tidak terlalu fasih benar namun melalui pelatihan lewat pembicaraan tersebut dia lebih terbiasa dan ujung-ujungnya bisa berbahasa Inggris sebagai penunjang dalam tes tersebut,” ujar Usman Hasan.

*Teman SMA Sebut Rizman Sosok yang Nyaman

TEMAN akrab Rizman yang satu kelas sewaktu di SMAN 1 Tanjungpandan, Suryandaru mengungkapkan, Rizman merupakan sosok teman yang nyaman dijadikan bersahabat serta dikenal cerdas. Rizman juga dikenal Suryandaru memiliki keunikan dalam berfikir dan mengeksekusi suatu hal.

“Dia orangnya easy going, friendly dan cerdas. Walau tidak nampak keseriusan tentang suatu hal, tapi kawan saya satu ini memiliki cara berfikir dan eksekusi unik tentang suatu hal. Santai namun tercapai, dua kata kunci yang menurut saya bisa menjelaskan siapa dia.” Suryandaru.

ilusimentari

Seseorang yang bertindak mengikuti kata hati, berimaji dalam kata, berdoa dalam jiwa. Belajar kehidupan yang terus menghadirkan tanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *